Vaksin Covid-19 Produksi Bio Farma Sudah Mendapatkan Izin Edar dari Badan POM

Vaksin Covid-19 Produksi Bio Farma Sudah Mendapatkan Izin Edar dari Badan POM

DESTINASI BANDUNG-Vaksin Covid-19 Produksi Bio Farma Sudah Mendapatkan Izin Edar dari Badan POM. Vaksin Covid-19 buatan Bio Farma, telah mendapatkan persetujuan penggunaan darurat / Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan POM pada tanggal 16 Februari 2021. Sertifikat EUA ini diserahkan langsung oleh Kepala Badan POM RI Penny K Lukito kepada Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir di Kantor Badan POM Jakarta.

Dalam sambutannya Penny Lukito mengatakan pemberian EUA yang kedua untuk vaksin Covid-19 setelah CoronaVac, merupakan komitmen pemerintah dalam mengedepankan aspek keamanan, mutu dan khasiat dari vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi nasional untuk mengatasi pandemi Covid-19 terkait dengan izin edar dari Badan POM.

Baca Juga :  Bio Farma Siap Gunakan Fasilitas Baru untuk Menambah Kapasitas Produksi Vaksin Covid-19

“Meskipun vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Bio Farma ini sama dengan vaksin yang diproduksi di Beijing, baik dari sisi kandungan dan profil mutu khasiat dan keamanannya, dan telah diterbitkan EUA dan sudah berproses dalam program vaksinasi untuk tenaga kesehatan. Vaksin Covid-19 dari Bio Farma, tetap membutuhkan pengujian / evaluasi khusus untuk pemberian EUA yang terpisah, karena adanya perbedaan tempat produksi, perbedaan kemasan ”, ujar Penny.